Rabu, 21 April 2010

Cara Memulai Ngeblog

. Rabu, 21 April 2010

Saat pertama ingin buat blog, banyak pertanyaan di kepala saya. Bagaimana cara memulai ngeblog. Apa langkah pertama ngeblog. Karena setiap harinya saya kira selalu ada seorang pendatang baru seperti saya dulu, maka saya buat tulisan ini.

Blog berasal dari kata weblog, dan berbeda dengan website. Apa perbedaannya, silakan anda cari melalui google search engine atau mesin pencarian google. Ada blog yang gratisan dan ada yang berbayar. Blog gratisan berarti anda tidak perlu membayar apapun untuk membuat blog, sedangkan berbayar karena anda harus sewa domain dan hosting sebelum membuat blog.

Yang menyediakan sarana untuk blog gratisan lumayan banyak,ada yang lokal ada yang luar negeri. Produk luar yang paling sering dipakai ada dua. Pertama adalah blogger.com seperti blog ini dengan extention blogspot. Satu lagi adalah wordpress.com dengan extention wordpress. Contoh yang lokal misal : dagdigdug.com, blogdetik.com, dsb.

Kelemahan blog gratisan adalah dalam hal kebebasan memakainya. Anda harus mematuhi aturan (Term Of Service) dari providernya. Tapi untuk pemula saya kira hal itu tidak terlalu masalah, apalagi jika penggunaannya memang tidak perlu melanggar aturan. Resiko terbesar blog anda ditutup.

Jika ingin bebas maka gunakan blog berbayar. Disini anda perlu sewa domain. Silakan pilih extention yang tersedia, ada .com, .net, .info, dsb. Domain merupakan nama blog anda. Misal jika blog ini saya buat menjadi berbayar maka saya akan mencoba menyewa domain dengan nama www.wongsinau.com.

Selain itu untuk tempat/lahan anda mendirikan blog maka anda perlu menyewa hosting. Banyak penyedia sewa domain dan hosting, seperti kuncihost, rumahweb, dsb. Jika berminat silakan anda mendaftar disana. Klik saja link tadi.

Jika anda ingin mencoba yang gratisan dulu, silakan pilih menggunakan blogspot atau wordpress. Kelebihan blogspot adalah bisa digunakan untuk script html, tapi kotak komentarnya kurang interaktif. Wordpress berlaku sebaliknya. Jadi jika anda senang berbalas komentar maka wordpress pilihannya. Namun karena tidak bisa script maka anda terbatas kemampuan mendadani blog.

Huokey, bila anda telah menentukan pilihan, maka tinggal ikuti cara pembuatannya. Saya akan uraikan pada artikel berikutnya. Oya, sebelumnya silakan anda membuat akun email dulu. Boleh di yahoo ataupun gmail.





0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Catatan Pelajaran is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com